Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembuatan Fly grill secara sederhana

 



Pertemuan

Ke Sembilan dan Kesepuluh

Pokok Bahasan

Pembuatan Fly Grill Sederhana

SKS/Waktu

1/170  menit

Tujuan

Memperkenalkan kepada mahasiswa tentang:

1.       Pembauatan Fly grill secara sederhana

2.       Mahasiswa mamapu membuat Fly grill secara sederhana dengan menggunakan barang bekas

3.       Alat tersebut Di Uji Coca di Lapangan

Metode

Membuat Fly grill dari bahan Kayu

 

A.    Dasar Teori



Lalat adalah serangga dari ordo diphtera yaitu mempunyai sepasang sayap yang berbentuk membiru. dalam hal ini lalat berperan sebagai vector yang akan membawa kuman penyebab penyakit dari orang yang sakit ke orang yang sehat, serta dapat membawa kotoran dari tempat hinggapnya yang jorong menuju kerumah bahkan langsung kebahan makanan jadi. Kepadatan lalat disuatu tempat perlu diketahui untuk menentukan apakah daerah tersebut potensial untuk A.terjadinya fly borne diseases atau tidak. metode pengukuran kepadatan lalat yang populer dan sederhana adalah dengan menggunakan alat flygrill. Prinsip kerja dari alat ini didasarkan pada sifat lalat yang menyukai hinggap pada permukaan benda yang bersudut tajam vertikal.

Lokasi yang perlu dilakukan pengukuran kepadatan lalat, utamanya adalah perumahan, rumah makan dan tempat pembuangan sampah. Keuntungan penggunaan flygrill diantaranya adalah mudah, cepat dan murah. Dengan demikian dapat dengan cepat menentukan kriteria suatu daerah potensial atau tidak. Kendati demikian, flygrill mempunyai beberapa kelemahan. Utamanya adalah bahwa flygrill sangat tidak cocok untuk menghitung kepadatan lalat, dimana populasinya sangat banyak atau sangat sedikit. Dalam kondisi seperti itu, penghitungan kepadatan lalat dengan flygrill, hasilnya tidak dapat mewakili keadaan yang sesungguhnya.

B.    Alat dan Bahan

1.   Kayu

2.   Grgaji

3.   Ukuran /meter

4.   Paku/paku drat

5.   Sekap

6.   Martil/Palu

7.   Kertas Ampelas

8.   Cat warna puti

9.   Kuas

C.    Cara pembuatan

Fly Grill dapat dibuat dari bilah-bilah kayu yg merukuran 2 cm dan tebalnya 1 cm dengan panjang masing-masing 80 cm sebanyak 16-24 buah. Bilah-bilah tersebut hendaknya di cat warna putih. Bilah-bilah yg telah disiapkan dibentuk sejajar dengan jaraka 2 cm dan sebaiknya dengan menggunakan paku skrup sehingga dapat dibongkar pasang setelah dipakai. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut :

                                                        

                                                Flay Grill

D.    Hasil  Kegiatan

 

 

 

 

 

Post a Comment for "Pembuatan Fly grill secara sederhana"