Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembuatan Eco Cooler

 

Pembuatan Eco Cooler






Pokok Bahasan

Pembuatan Eco Cooler

SKS/Waktu

1/170  menit

Tujuan

1.     Mahasiswa mengetahui cara pembuatan Eco Cooler.

2.     Mahasiswa mengetahui fungsi dan kegunaan Eco Cooleer

Metode

Eco Cooler

 

A.    Dasar Teori

Penyegaran udara adalah suatu proses pengkondisian udara dengan cara mengatur temperatur, kelembaban, dan kebersihan udara didalam suatu ruan gan, agar ruangan tersebut nyaman untuk dihuni atau ditempati. Penyegaran udara yaitu suatu proses mendinginkan udara sehingga dapat mencapai temperatur dan kelembaban yang sesuai dengan yang dipersyaratkan terhadap kondisi udara tertentu. Penyegaran udara merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk membuat udara menjadi segar baik diluar (Outdoor) maupun didalam (Indoor) sesuai dengan baku mutu yang ada dengan metode tertentu.

Sejak masa lampau, Manusia telah berupaya untuk membuat pendingin ruangan, Air dan angin adalah yang paling banyak dimanfaatkan. Manusia modern telah mengenal Air Conditioner (AC) sebagai alat pendingin ruangan, Sayangnya harga dari unit Air Conditioner (AC) cukuplah mahal dan masalah lainnya adalah unit AC memerlukan konsumsi listrik yang cukup besar, Belum lagi masalah perawatan dan perbaikan kerusakan. Ashis Paul asal Bangladesh memperkenalkan teknologi Eco Cooler Pendingin Ruangan Ramah Lingkungan tanpa listrik. Pada artikel inipunKarangmulya Rental AC akan menuliskan Cara membuat Eco Cooler dengan memanfaatkan barang bekas.

B.    Alat dan Bahan

Adapun alat dan bahan dalam pembuatan eco cooler adalah sebagai berikut:

1.    Bor listrik

2.    Botol mineral bekas 1,5 liter sebnyak 36 buah

3.    Tripleks ukuran ventiasi rumah

4.    Kayu 4 ujung

5.    Paku tripleks

6.    Gunting

7.    Lem/dumpul

8.    Pensil

9.    Alat untuk membuang lubang/kater

C.   Prosedur pembuatan

Adapun prosedur pembuatan eco cooler adalah sebagai berikut :

1.    Siapkan alat dan bahan yang diperlukan

2.    Langkah awal adalah mengukur jendela rumah atau tempat yang akan dipasangi Eco Cooler, Papan di potong sesuai ukuran yang diperlukan. Gunakan papan yang kuat agar tidak pecah ketika nantinya di lubangi

3.    Langkah kedua adalah melubangi papan dengan lubang berdiameter seukuran kepala botol. Jarak masing-masing lubang sekitar 10cm. Jika ingin terlihat bagus dan rapi, Papan dapat di cat terlebih dahulu.

4.    Langkah ketiga adalah memotong botol plastik menjadi dua bagian, Bagian atas hingga tengah yang terdapat tutup botol adalah yang akan digunakan, Sedangkan bagian tengah botol sampai bawah tidak digunakan. Jika ingin rapi dapat diukur terlebih dahulu baru dipotong. Selanjutnya, tancapkan kepala botol pada lubang-lubang tersebut. untuk contoh dapat melihat gambar. Jika ingin terlihat bagus dan rapi, botol dapat di cat terlebih dahulu.

5.    Langkah terakhir adalah melakukan pemasangan pada tempat yang dipersiapkan pada langkah awal. Pastikan papan dapat menempel kuat agar tidak jatuh.

 

D.   Pengujian Eco cooler

Eco Cooler pendingin ruangan ramah lingkungan tanpa listrik, Cara membuat Eco Cooler mudah dan murah karena memanfaatkan barang bekas

Gambar. 1 contoh pengujian

 

Pada pengujian yang dilakukan dengan papan yang tidak terlalu besar seperti dapat dilihat digambar, Suhu sebelum dipasangi Eco Cooler adalah 30C dan setelah dipasangi menjadi 25C. Jika ingin lebih adem mungkin dapat ditambahkan atau diameter di perluas.

 

Mengetahui/Setuju,                                     Manado,………………………

     Instruktur                                                      Praktikan,

 

 

(…………………………….)                                                        (…………………………………..)

                                                                                                  NIM:………………………..…

 


Post a Comment for "Pembuatan Eco Cooler"